Lesotho "Kerajaan Surga" Di Afrika


Lesotho "Kerajaan Surga" Di Afrika


Lesotho adalah sebuah negara berbentu kerajaan. Lesotho terletak di bagian selatan Afrika. Negara ini merupakan enklave (negara di dalam negara) Afrika Selatan. Lesotho dikenal juga sebagai "kerajaan di atas langit" karena merupakan satu-satunya negara yang sepenuhnya berada di ketinggian 1400 mdpl.

Ibu kota Lesotho adalah Maseru. Luas total negara ini sekitar 30,355 km persegi. Negara ini merdeka dari Inggris pada 4 Oktober 1966. Lagu kebangsaan negara ini adalah "Lesotho Fatse La Bontata Rona". Politik negara ini relatif stabil dibandingkan negara-negara lain di benua Afrika.Negara kecil ini telah mampu memanfaatkan sumber daya alam terbesar di negaranya. Sumber daya tersebut adalah air, atau biasa disebut "emas putih" (white gold). Pada 1997, Lesotho membangun "Lesotho High Water Project" yang menjadi sumber daya listrik yang melayani 90% kebutuhan di Lesotho sekaligus menjadi sumber daya air minum bagi beberapa negara tetangganya.
Kerajaan Lesotho benar-benar dikelilingi oleh wilayah Republik Afrika Selatan. Jadi Lesotho seperti halnya dengan Vatikan dan San Marino yaitu tiga negara merdeka di dunia yang berada di dalam satu negara
Share on Google Plus

About NAVYogi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar